Sabtu, 13 September 2008

Zodiak Ungkap Gaya Kerja Anda (2)


PEGAWAI LIBRA
Libra adalah pegawai yang detil, pekerja yang penuh dedikasi dengan sifat alami yang sensitif. Para manajer dan rekan kerja terkadang merasa kesulitan menangani mereka. Mereka mengambil energi dari kantor dan tidak mampu mencegah energi itu mempengaruhi mereka. Suara keras, warna warna norak akan benar-benar mengganggu mereka sampai mereka tidak mampu memenuhi kewajiban mereka di kantor. Bisa saja dalam suatu hari mereka nampak sangat brilian, pekerja keras, dan ambisius. Tetapi besoknya datang dengan kondisi down, gampang tersinggung, dan sama sekali tidak menghasilkan apa-apa. Rekan kerja Libra tidak perlu 'mengkeret' jika bertemu mereka dalam kondisi ini. Biasanya hanya akan bertahan sebentar, karena kebahagiaan kecil sudah cukup mengusir 'kegelapan' para Libra.
Ketika para Libra berada dalam kondisi yang seimbang, mereka dapat masuk kantor dengan kondisi kuat, maka mereka akan menyentuh segala sesuatu di kantor dengan luar biasa. Dibalik mood yang terkesan kacau itu, sebetulnya mereka adalah orang yang bahagia dan stabil. Mereka mampu menghasilkan pemikirian logis yang hebat dan mampu mengevaluasi suatu masalah dari semua sisi sebelum mengambil tindakan.
Mereka adalah orang paling cerdas diantara zodiak lainnya. Mereka adalah mediator dan peneliti ulung. Kepekaan mereka terhadap lingkungan menjadikan mereka mampu menjaga segalanya nampak baik secara alami. Mereka akan dengan mudah membantu memecahkan konflik orang lain dan dapat bertindak sebagai perantara antara pegawai dan manajemen, sehingga kedua belah pihak merasa bahagia.
Jika Anda ingin pegawai Libra Anda tetap tersenyum, beri penghargaan kepada mereka, beri mereka posisi yang memungkinkan mereka memancarkan kharisma dan diplomasi mereka. Mereka tidak akan nyaman untuk terus menerus menerima perintah, atau dengan cara lain, pastikan bahwa mereka diberi tanggung jawab dengan proporsi yang terus meningkat.

PEGAWAI SCORPIO
Pegawai Scorpio umumnya memancarkan percaya diri yang tenang. Mereka orang yang puas dengan kondisi yang ada dan tidak bergantung pada orang lain mengenai harga diri. Mereka menyimpan rahasia pribadi dirinya dan dengan sangat baik memisahkannya dari pekerjaan. Mereka juga mampu memberikan tanggung jawab penuh untuk segala tingkah lakunya. Mereka tidak mencari-cari alasan hanya mengurusi bisnis dan mengharapkan orang lain melakukan hal yang sama dengannya.
Mereka tidak keberatan membuka apa yang ada di kepala mereka, mengenai apa yang mereka anggap salah, kapanpun Anda memintanya. Ketika Anda mempermainkan kemarahan mereka, bersiaplah menerima pembalasan. Mereka tidak akan mau menerima hinaan, atau musuhyang bersantai ria.
Jika Anda menjadi atasan pegawai Scorpio, pastikan Anda menepati janji Anda, karena Scorpio menjaga segala janji Anda dan akan segera membangun perasaan enggan terhadap Anda jika Anda melanggar janji Anda. Anda mungkin tidak menyadarinya, sampai akhirnya Anda terlambat, tetapi jika akhirnya seorang scorpio merasa Anda sudah mulai keterlaluan, Anda akan segera mengetahuinya. Seorang Scorpio akan bertindak sesuai dengan bagaimana lingkungan memberlakukan mereka. Jika mereka mendapat apa yang mereka mau, mereka akan sangat menerima dengan baik.
Jika Anda ingin bekerja sama atau memotivasi seorang Scorpio, pastikan Anda memperlakukan dirinya dengan penuh hormat dan profesional. Beri mereka tantangan kerja yang memungkinkan mereka untuk mendayagunakan kepercayaan diri dan keberanian mereka yang luar biasa.

PEGAWAI CAPRICORN
Pegawai Capricorn dengan pekerjaan berlebihan adalah pekerja yang bahagia. Mereka butuh banyak proyek dan tanggung jawab. Tidak ada pemandangan yang lebih menyedihkan daripada seorang pegawai Capricorn yang tidak memiliki perasaan tanggung jawab. Mereka butuh untuk merasa dibutuhkan.
Secara diam-diam mereka ambisius, tidak sering terlihat, tetapi Anda akan biasanya segera tahu bahwa mereka sangat serius dan sangat ingin memajukan diri sendiri. Umumnya mereka sangat 'lurus', begitu parahnya sampai-sampai mereka ingin merendahkan diri sendiri. Tetapi mereka tidak mudah didorong. Mereka dapat membuat konsumen paling rewel pun menyerah. 'Kengototan' mereka memang luar biasa. Begitu mereka membuat suatu standar keberhasilan bagi diri mereka, mereka akan bekerja sampai berhasil memenuhinya, sampai bahkan menemui kesulitan sendiri, entah tujuannya untuk menjual sejumlah barang atau menjual barang baru. Tetapi mereka tidak mau bekerja gratis. Mereka berharap mendapat ganjaran yang besar dan menuntut tanggung jawab yang selalu meningkat. Mereka kemudian perlu maju diatas kelompoknya.
Mereka melihat lingkungan kerja sebagai kendaraan utama mereka. Mereka tidak tertarik untuk bergosip ria mengenai kondisi kantor dan politik. Mereka hanya ingin bekerja di kantor dan tidak ada tempat untuk bercanda-canda di kantor. Dengan 'sense of duty' dan hormat pada atasan yang kuat, sangat jarang terlihat para Capricorn ikut serta dalam menggosipkan bos atau menjatuhkan sistem. Kecuali, jika mereka melihat ini adalah cara untuk dapat maju dalam organisasi itu. Mereka akan sangat merasa frustasi, jika para atasan di atas sana membuat rencana yang sangat tidak masuk akal. Jika mereka menginginkan perubahan, mereka akan selalu memperjuangkannya. Jika semua usahanya tidak berhasil, maka mereka akan berada dalam mood yang gelap dan nampak putus asa.
Buat pegawai Capricorn Anda bahagia dengan membayar mereka dengan gaji yang cukup dan beri mereka kerja yang cukup keras. Atur jenjang karir mereka dalam perusahaan Anda. Jika tidak, Anda mungkin akan menemukan bahwa mereka sedang mencari-cari kesempatan ditempat lain.

PEGAWAI SAGITARIUS
Pegawai Sagitarius cenderung keras kepala, ceria, dan selalu siap membantu. Mereka memancarkan percaya diri yang tinggi dan menerima tugas bagaikan tidak ada hari lain untuk bekerja. Mereka bahkan berani menerima tantangan proyek sulit selama proyek itu menantang dan membuat mereka terlepas dari rutinitas.
Mereka cukup beruntung, karena kepribadian mereka yang bersinar, dan antusiasme tinggi mereka membuat nampak bagaikan titik terang di kantor, atau kalau tidak, maka para rekan kantor akan segera membangun perasaan bermusuhan terhadap rekan yang nampak sombong dan flamboyan.
Kecenderungan mereka untuk membesar-besarkan sesuatu, dan juga untuk menerima beban lebih dari kemampuan mereka pada umumnya menyebabkan jadwal yang meleset. Bukan karena mereka malas atau suka menunda-nunda, tetapi karena antusiasme mereka terkadang terlalu menguasai. Mereka memiliki sikap yang easy going yang memungkinkan mereka tetap tersenyum walaupun segala sesuatunya kacau. Hanya karena mereka fleksibel dan easy going, maka tidak berarti bahwa mereka tidak akan mengatakan kepada Anda bagaimana persisnya perasaan dia ketika bekerja untuk Anda. Mereka tidak akan mau menerima perintah begitu saja, mereka perlu mengetahui metode dan alasan dibalik proses itu.
Jika Anda berusaha untuk memotivasi pekerja Sagitarius Anda, pastikan bahwa Anda memberi banyak proyek dan petunjuk bahwa kemungkinan akan ada perjalanan bisnis menanti begitu deadline tercapai. Dan apapun yang Anda lakukan, jangan pernah pertanyakan tujuan mereka, inilah cara paling cepat untuk memancing kemarahan mereka. Mereka tidak mampu menahan perasaan jengkel karena ditipu.

PEGAWAI AQUARIUS
Pegawai Aquarius tidak dapat menerima ketidak adilan di kantor. Rencana yang sangat rumit baru akan mendapat tanggapan positif jika ada orang Aquarius terlibat dalam rencana itu. Mereka akan berusaha membuat semua orang melihat sisi baik dari kondisi seburuk apapun. Mereka sangat cerdas, sehingga seringkali menyebabkan pihak manajemen kelabakan jika mereka dirasa tidak adil dan tidak cerdas. Bukan karena mereka terlalu ambisius dan berpikir bahwa mereka bisa mendapat pekerjaan yang lebih baik, mereka hanya berpikir orang yang memiliki kekuasaan harusnya memiliki pengetahuan lebih.
Kebanyakan pekerja Aquarius masih mencoba mencari diri sendiri, dan cenderung ingin mencoba berbagai pekerjaan di tempat kerja. Apapun yang mereka lalukan, mereka akan melakukan dengan penuh kesadaran. Pada umumnya mereka memiliki etos kerja pribadi yang cukup kuat. Termasuk didalamnya nilai peribadi yang cukup tinggi. Kecerdasan, intelegensi tinggi, dan kemampuan mereka untuk dapat dipercaya membuat mereka mendapat banyak teman di tempat kerja. Dibawah sifat mereka yang terkadang aneh, terdapat pemikiran yang mantap dan kepekaan terhadap sesama karyawan.
Manjakan karyawan Aquarius Anda dengan memberi beragai kesempatan untuk belajar pengetahuan baru. Kenaikan gaji tidak terlalu penting bagi mereka. Tidak akan ada uang sejumlah apapun cukup untuk menjaga mereka berada di posisi yang sama. Jangan biarkan mereka merasa bosan, atau kalau mereka sampai bosan, mereka akan segera meninggalkan pekerjaan yang sekarang dan akan mencari yang baru, dan itu tidak susah, karena mereka pintar, dan sangat mudah mencari mereka.


PEGAWAI PISCES


Pegawai Pisces dapat menjadi orang yang setia dan pekerja keras, atau, jika tidak, hanya menjadi karyawan yang biasa saja. Di posisi yang tepat, mereka mampu menyimpan semua lamunan mereka dan tetap berkonsentrasi di detil pekerjaan yang diserahkan oleh atasan mereka, yang mereka anggap cukup berarti untuk menerima kerja keras mereka. Di sisi sebaliknya, tidak ada gambaran mengenai penderitaan ekstrim. Kecuali para pekerja Pisces yang ditempatkan di posisi yang salah. Mereka akan beranggapan bahwa meja kerja mereka adalah sel penjara sambil melamunkan mengenai bisnis atau liburan berikutnya. Pisces yang tidak berbahagia tidak akan betah.
Seringkali Pisces akan menjadi kutu lompat dari satu pekerjaan ke pekerjaan berikutnya, hanya untuk mencari suasana ideal dimana mereka dapat menumpahkan komitmen dan merasakan visi yang sama. Dan jika akhirnya ternyata kondisi kantor memburuk, para Pisces adalah orang pertama yang akan merasakan hal itu. Mereka cenderung untuk cepat-cepat pindah sebelum benar-benar terjadi.
Pisces sering disalah tanggapi oleh para rekan kerjanya. Tipikal mereka adalah orang pendiam dan introspektif, maka mereka cenderung menutup sifat alami mereka, karena takut tidak akan pas dengan budaya kantor yang ada. Cobalah untuk memberikan pujian kepada karyawan Pisces Anda. Mereka butuh tahu apakah apa yang mereka lakukan memiliki arti dalam skala yang lebih besar. Penerimaan terhadap cara organisasi dan perencanaan mereka yang tidak lazim sangatlah penting. Hanya karena laporan mereka tidak umum bentuknya, bukan berarti bahwa hal itu tidak efektif.

Yupiter/disarikan dari aneka sumber

Tidak ada komentar: