Sabtu, 13 September 2008

Zodiak Ungkap Gaya Kerja Anda (1)


Tahukah Anda kalau rasi bintang yang menaungi Anda ternyata mampu mengungkap gaya Anda saat bekerja? Pengalaman empiris menyebutkan, suasana hati seseorang itu dipengaruhi oleh letak rasi bintang yang menaunginya. Sedangkan suasana hati ini secara tidak langsung mempengaruhi cara kerja Anda. Kalau begitu, bagaimana dengan gaya kerja Anda? Temukan siapa dan bagaimana diri Anda ketika bekerja dalam tulisan berikut ini.


PEGAWAI ARIES


Pegawai Aries adalah pemecah masalah yang baik. Mereka cenderung ingin berada di lapangan dan menangani berbagai bidang pekerjaan serta memperbaiki berbagai permasalahan. Mereka tidak akan senang bekerja di belakang meja dalam jadwal penuh mulai jam 9 sampai jam 5 sore. Kalau dipaksakan dia cenderung resah, uring-uringan, dan ceroboh. Gaji sebesar apapun tidak akan mampu membujuk mereka untuk tetap bekerja dalam jadwal rutin. Uang, ternyata, bukanlah alasan mengapa mereka mau bekerja.
Mereka tidak ingin dibayar dengan gaji tinggi dan mereka bukanlah orang yang butuh status tinggi untuk memuaskan kecenderungan kompetitif mereka. Tapi yang lebih penting adalah, mereka akan sangat bahagia untuk menerima tantangan proyek baru. Secara tipikal, mereka adalah orang yang memiliki perasaan tanggung jawab tinggi dan membutuhkan perasaan bahwa mereka dibutuhkan. Sebagai gantinya, mereka akan memberikan semua usaha mereka dan akan menunjukkan unjuk kerja yang detil dan konsisten. Mereka akan benar-benar bekerja sampai mereka kecapaian untuk membuktikan kemampuan mereka. Jika rekan kerja Anda seorang Aries, maka sebaiknya Anda memberi mereka kesempatan untuk bekerja secara mandiri demi menjaga agar mereka tetap produktif dan bahagia. Anda bisa juga membiarkan mereka membantu Anda.


PEGAWAI TAURUS


Taurus adalah satu diantara sekian pekerja terhandal. Mereka setia, pekerja keras, dan tidak banyak tingkah. Cara mereka bekerja sangat metodologis dan mengikuti perkembangan proyek sampai proyek tersebut selesai. Beberapa akan nampak bekerja sangat lamban. Namun ini biasanya karena mereka sangat berhati-hati. Mereka akan selalu menyelesaikan apa yang mereka mulai. Dan sangat mengharapkan untuk bekerja dalam struktur, jadwal, dan rutinitas yang baik. Anda akan dapat menemukan bahwa mereka mampu melakukan hal yang sama setiap hari setiap waktu yang sama. Tetapi orang Taurus tidak mudah dikendalikan, sebagaimana nampaknya.
Jika mereka bekerja dalam kondisi yang kacau, mereka tidak akan suka, dan akan cenderung gampang mengomel dan jadi keras kepala. Mereka mungkin juga akan bertindak sama jika mereka harus bekerja diantara orang-orang yang cuek atau suatu pekerjaan yang jelas-jelas tidak memiliki kesempatan untuk berkembang.
Orang Taurus tidak akan suka jika mereka tidak melihat adanya tangga untuk didaki. Bahkan dalam kondisi terburuk pun, mereka akan menemukan jalan untuk berkembang secara perlahan, memenangkan hati orang yang paling sulit.
Para pekerja Taurus akan menerima perintah dengan sabar dan gembira sampai akhirnya mereka menyadari bahwa mereka sedang dimanfaatkan. Mereka akan mau menerima perintah apapun dan mau mengerjakan pekerjaan kotor apapun. Tapi mereka mengharapkan adanya balas jasa. Mereka mengharapkan balas jasa material, kenaikan gaji, dan kemungkinan kekuasaan yang lebih besar. Untuk membuat para Taurus tetap betah bekerja, pastikanlah bahwa mereka menangani proyek yang membuat mereka bisa melihat hasilnya dengan nyata.
Sebaiknya sesuatu yang mampu membuat mereka mengekspresikan kreatifitas mereka yang unik sebagai tambahan atas sisi diri mereka yang praktis. Mereka tidak suka terperangkap dalam detil suatu pekerjaan dalam waktu yang lama. Pastikan bahwa Anda memiliki jadwal pasti untuk menilai kinerja dan gaji. Penghargaan ini akan membuat mereka tetap setia kepada perusahaan.


PEGAWAI GEMINI


Para Gemini cenderung sulit berkonsentrasi pada satu pekerjaan dalam jangka waktu panjang. Mereka memiliki pemikiran yang selalu bergerak dan suka membicarakan ide mereka dengan orang lain. Mereka mengharapkan interaksi social, walaupun pekerjaan mereka tidak mendukung hal itu.
Anda dapat dengan mudah menemui mereka menyebar gosip diberbagai sudut kantor. Mereka dapat jadi orang yang mampu membujuk dengan sangat baik dan merupakan sales atau mediator ideal. Mereka suka bernegosiasi dan dapat mencari solusi yang paling pas bagi semua orang yang terlibat dalam negosiasi ini.
Jika mereka mendapat stimulasi yang tepat, mereka akan cenderung mampu memfokuskan diri dan bahkan cukup produktif. Jika mereka bosan, atau terbebani dengan pekerjaan yang detil, atau terpaksa untuk bekerja dengan orang yang mereka anggap membosankan, mereka dapat segera jadi jahat dan cenderung penuh gosip.
Mood mereka dapat berubah dengan luar biasa cepat, sebagaimana juga denganproduktivitas mereka. Memaksa mereka bekerja dalam jadwal dan lingkungan yang biasa saja adalah tindakan yang berlawanan dengan sifat alami mereka. Mereka lebih suka ber'jalan-jalan'. Jika mereka berada di kantor, mereka membutuhkan stimulasi terus-menerus. Sebagian besar orang Gemini akan berusaha berkembang juga mereka melihat bahwa inilah satu-satunya cara untuk membuka batasan dalam pekerjaan mereka. Hal ini dapat memotivasi mereka untuk 'memaksa' mereka bekerja ekstra keras.
Jika Anda bekerja dengan orang Gemini, usahakanlah untuk menghindari berdebat dengan mereka, mereka akan cenderung menang. Terkadang hal ini akan meninggalkan 'bekas' di hati Anda. Mereka membutuhkan lingkungan kerja yang menerima mereka yang mampu mendukung mereka untuk melakukan 'multi tasking'.


PEGAWAI CANCER


Pegawai Cancer tidak membutuhkan pekerjaan untuk memberi makan 'ego' mereka, pekerjaan bagi mereka adalah pekerjaan, itulah jalan bagi mereka untuk mendapat uang.
Mereka bekerja dengan sangat stabil dan umumnya sangat dapat diandalkan. Anda sangat dapat mengandalkan mereka masalah ketepatan waktu dan dalam melakukan apapun yang perlu. Mereka tidak tertarik terlibat dalam perebutan kekuasaan atau mereka juga tidak akan marah jika ada orang lain yang maju mendahului dia. Mereka mampu menerima semua situasi, karena mereka melihat hal ini sebagai suatu pijakan dalam susunan tangga. Motivasi mereka adalah rasa aman.
Mereka akan meminta gaji lebih tinggi, semakin lama mereka berada dalam perusahaan yang sama. Mereka perlu khawatir untuk memenuhi kebutuhan mereka besok, maka mereka menginginkan posisi yang stabil dengan risiko yang tidak tinggi. Para pegawai Cancer ini terkadang dapat memasuki saat-saat gelap mereka. Dalam saat-saat ini, umumnya produktifitas menurun, sebagaimana juga semua orang di kantor. Mood mereka dapat menjadi sangat kuat, sehingga mempengaruhi banyak orang. Untuk menghindari hal ini, para manajer dan rekan kerja sebaiknya membuat kantor terasa senyaman dan seramah mungkin. Jangan pernah memaksa mereka mengungkapkan pemikiran mereka yang paling dalam, karena kecenderungan mereka adalah untuk bersikap rahasia dan protektif. Usaha kita untuk membuka pribadi mereka dapat diartikan sebagai usaha untuk mengganggu rasa aman mereka.

PEGAWAI LEO


Para Leo ingin tampil sebagai orang yang 'paling' di kantor. Bahkan jika mereka tidak mampu memimpin, maka mereka akan cenderung mencari segala kesempatan untuk meningkatkan status mereka, dan jika seseorang berada di depan mereka, waspadalah! Mereka akan menunjukkan ketidak sukaan mereka dengan terus menerus cemberut dan mengeluh. Mereka butuh peningkatan sampai mereka mau untuk menerima tanggung jawab lebih dan membawa beban lebih daripada semua orang di kantor.
Mereka juga orang yang suka mempromosikan diri sendiri. Mereka sangat cenderung untuk mengatakan kepada semua orang bahwa betapa hebatnya pekerjaan dia. Mereka juga suka sekali untuk memberikan nasihat-nasihat walaupun tidak diinginkan. Mereka tahu bahwa mereka superior, dan menginginkan agar semua orang tahu akan hal ini. Kesombongan mereka dapat menyebabkan masalah pada saat bekerja dengan atasan. Secara tipikal, mereka hanyalah pekerja keras yang ingin menunjukkan kepada semua orang siapa diri mereka.
Mereka cenderung hebat di posisi sales, posisi dimana mereka dapat mempromosikan produk atau perusahaan, sebagaimana mereka mampu mempromosikan diri sendiri. Kekuatan dan kesombongan mereka juga bukan cuma sekedar tontonan. Dalam posisi kritis, Leo cenderung mampu menunjukkan keberanian mereka.
Leo ingin memimpin dan akan selalu mendorong untuk mendapat tanggung jawab dan penghargaan lebih. Mereka suka melatih dan membimbing rekan kerja baru, sebagaimana mereka suka memberi nasihat dan berada dalam posisi berkuasa. Jika Anda berusaha mengatur pegawai Leo, Anda akan membutuhkan banyak pujian, tanggung jawab, dan kebebasan untuk diberikan kepada mereka. Hanya, Anda perlu berhati-hati, jangan sampai akhirnya dia mengambil alih pekerjaan Anda.


PEGAWAI VIRGO


Dalam situasi yang tepat, Virgo akan suka bekerja. Mereka akan dapat menjadi pegawai ideal, dengan bahagia mau bekerja sampai malam dan memastikan semuanya berjalan sempurna. Jika Anda mencari pegawai yang tidak keberatan untuk memulai segala sesuatunya dari posisi terendah, maka carilah pegawai Virgo. Mereka tidak akan pernah mengeluh mengenai posisi. Mereka merasa cukup dengan pekerjaan dasar dan jujur. Tetapi perasaan cukup ini tidak selalu nampak. Mereka sangat cerewet dan cenderung mudah khawatir. Mereka cepat mengkritik mengenai cara melakukan sesuatu di kantor. Mereka adalah orang pertama yang akan segera menunjukkan sikap tidak setuju mengenai apa yang mereka anggap kemalasan.
Mereka tidak suka menusuk, jujur dan tidak suka bertele-tele mengenai apa yang mereka anggap kurang benar. Biasanya hal ini akan ditumpahkan kepada mereka yang melakukan pekerjaan yang 'setengah matang' atau orang yang tidak memperhatikan rekan kerja yang lain.
Anda harus terus menerus meyakinkan mereka, tetapi hal ini hanya akan sedikit menahan keresahan mereka. Mereka sebenarnya menikmati untuk merasa khawatir, dan Anda tidak akan bisa banyak melakukan sesuatu tentang hal ini. Anda cukup memberikan proyek detil dan membiarkan mereka bekerja sendiri. Anda tidak perlu mengawasi seorang Virgo dalam bekerja. Mereka akan mencari semua fakta sebelum mulai dan akan segera mengetahui semua kesalahannya ketika mereka selesai.
Untuk menjaga kebetahan mereka bekerja, Anda perlu memperhatikan kondisi lingkungan, agar tetap teduh dan rapi. Anda juga perlu memberikan tanda-tanda penghargaan, walaupun kecil untuk mereka. Mereka tidak butuh sesuatu yang mewah, cukup untuk memberikan penghargaan kecil yang tidak perlu sampai membuat mereka memerah malu. Mungkin mereka akan menghela napas dan hanya mengatakan "Ah, nggak ada apa-apanya kok." Tetapi didalam hati mereka membutuhkan pujian kecil seperti ini.

Yupiter S

Tidak ada komentar: